Senin, 20 Oktober 2014

Belajar Komputer Untuk Pemula Yang Paling Asik

Apakah itu komputer? Dilihat dari asal katanya compute pada dasarnya belajar komputer berarti menghitung. Memang saat pertama kali komputer diciptakan hanya untuk menyelesaikan suatu perhitungan rumit, dan dengan perkembangannya sampai saat ini komputer fungsi serta penggunaannya sangat luas sehingga mau tidak mau komputer menjadi kebutuhan hidup yang susah untuk ditinggalkan.

Belajar komputer tidak bisa dicampur aduk antara bidang yang satu dengan yang lain, anda harus memilih salah satu bidang dulu untuk dipelajari, misalkan bidang desain grafis, bidang networking atau jaringan komputer, bidang hardware komputer dan perlengkapannya, bidang internet dan lainnya. Jika anda memilih bidang desain grafis maka kuasai dulu semua software-software atau perangkat lunak yang digunakan di dalam dunia desain grafis.

Komputer secara prinsip memiliki 3 (tiga) bagian utama yaitu bagian input, bagian proses dan bagian output. Penjelasan ketiga bagian itu adalah sebagai berikut:
  • INPUT : disebut juga sebagai masukan. Input merupakan sesuatu data atau perintah untuk diolah sehingga memperoleh hasil yang kita inginkan. Sesuatu perangkat yang biasanya digunakan sebagai input adalah: keyboard, mouse, scanner, kamera, joystick, dll.
  • PROCESS : bagian proses memegang peranan penting dalam sebuah komputer, di dalam bagian ini terjadi pengolahan dari INPUT untuk diteruskan ke OUTPUT sebagai hasil olahan. Di sinilah perhitungan yang rumit dilakukan, sebagai pengolah pada bagian proses ini mengatur secara baik berbagai proses yang dikerjakan sehingga tidak saling bertabrakan yang mengakibatkan terhentinya satu atau lebih proses karena adanya proses yang lain. Pada komputer perangkat ini sering disebut CPU (Central Processing Unit).
  • OUTPUT : disebut juga sebagai keluaran. Dari bagian output inilah kita bisa melihat atau merasakan hasil dari proses sebuah komputer, apa yang telah kita kerjakan dan masukkan dalam bagian input sebelumnya. Sesuatu perangkat yang biasanya digunakan sebagai output adalah: monitor, printer, speaker aktif, dll.

Orang awam mungkin hanya tahu komputer adalah perangkat yang biasanya dipakai di kantor atau rumah sebagai komputer biasa (sebut saja PC / Personal Computer) atau Laptop. Sebenarnya komputer digunakan banyak di segala bidang, seperti di pabrik-pabrik sebagai penggerak mesin otomatis, robot-robot, dalam bidang transportasi dalam pesawat atau mungkin kita tidak sadar bahwa alat komunikasi kita atau handphone merupakan sebuah sistem komputer yang paling lengkap dan update. Mungkin dulu pencipta komputer belum bisa membayangkan bahwa komputer sekarang dapat dikemas secara praktis sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar